Inilah 3 Penyerang Liga Inggris Dengan Kontribusi Gol Terbesar Bagi Timnya

Posisi penyerang merupakan salahsatu posisi yang vital dalam permainan sepakbola. Terang saja karena permainan sepakbola dimenangkan oleh tim yang membuat gol paling banyak. Meskipun untuk urusan ini semua pemain apapun posisinya sah-sah saja untuk membuat gol namun pada akhirnya seorang penyeranglah yang diberi tugas utama untuk mencetak gol sebanyak mungkin.

Oleh karena itu, berapa persentase jumlah gol yang dihasilkan seorang penyerang dari total seluruh gol yang dihasilkan timnya memperlihatkan kontribusinya sebagai pemain yang diberi mandat untuk menjebol gawang lawan.

Terkadang, penyerang yang mencetak banyak gol dan memimpin daftar top skor di klasemen tidak selalu menjadi penyerang yang paling besar memberikan kontribusi atas total gol yang sudah dihasilkan timnya. Semakin besar persentase kontribusi gol seorang penyerang menunjukkan seberapa krusial perannya sebagai striker di dalam tim.

Nah, berikut adalah tiga penyerang di Liga Inggris musim 2017/2018 yang paling besar kontribusi golnya bagi tim masing-masing sampai pekan ke 26. Sekali lagi, data ini merujuk pada persentase kontribusi golnya BUKAN pada jumlah catatan gol yang berdiri sendiri dari seorang penyerang. Yuk kita simak data yang dirangkum dari Who Scored.

Harry Kane (Kontribusi 43%)

Tidak mengherankan jika nama striker timnas Inggris ini berada pada urutan teratas tiga penyerang dengan kontribusi gol terbesar bagi timnya. Striker Tottenham Hotspur tersebut berstatus sebagai top skor sementara Liga Inggris dengan torehan 22 gol.
Harry Kane sudah membuat 100 gol di Liga Inggris - Photo by mirror.co.uk
Jika dibandingkan dengan 51 gol yang sudah dihasilkan The Lily Whites maka kontribusi 22 gol Kane bagi Spurs adalah sebesar 43%. Ini berarti nyaris setengah gol Spurs di Liga Inggris musim ini datang dari Harry Kane. Wow, luar biasa.

Mohamed Salah (Kontribusi 36%)

Nama penyerang Mesir ini memang bersanding di posisi kedua dalam daftar top skor sementara dengan Harry Kane di posisi pertama. Salah bisa dianggap sebagai perekrutan terbaik Liverpool musim ini. Total 21 gol sudah dilesakkannya di Liga Inggris berbanding dengan 59 gol yang dihasilkan Liverpool sampai pekan ke 26. Artinya Salah berkontribusi sebesar 36% dari gol-gol Liverpool di Liga Inggris sejauh ini.
Mohamed Salah sedang on fire bersama Liverpool - Photo by mirror.co.uk
Mengapa persentasenya tidak sebesar Harry Kane meski selisih gol mereka hanya satu? Jawabannya karena di lini depan Liverpool Salah berbagi kontribusi gol dengan Roberto Firmino.

Wayne Rooney (Kontribusi 34%)

Jangan kaget dengan keberadaan Rooney di posisi ketiga daftar ini karena sedari awal kami sudah memaparkan bahwa daftar ini tidak mengacu pada total jumlah gol yang berdiri sendiri melainkan dibandingkan dengan total gol yang dihasilkan tim.
Lepas dari MU, Rooney tetap tajam dengan Everton - Photo by dailystar.co.uk
Jumlah 10 gol yang sudah dilesakkan Rooney kalah jauh dari Sergio Aguero (17) dan Jamie Vardy (12) namun ketiadaan penyerang haus gol di lini depan Everton membuat kontribusi gol Rooney sebesar 34% sangat berharga bagi tim asuhan Sam Allardyce.

Tiga penyerang ini menunjukkan besarnya peran mereka sebagai penyerang di lini depan masing-masing tim. Jumlah gol mereka berkontribusi diatas 30% dari seluruh gol yang dihasilkan tim mereka. Harry Kane bahkan hampir menguasai setengah dari total seluruh gol Spurs di Premier League Inggris sampai pekan ke 26. Sebuah catatan yang menegaskan peran krusial posisi penyerang dalam strategi tim.   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.