Hati-Hati, Panama Dan Tunisia Bisa Saja Menyingkirkan Inggris Di Piala Dunia 2018

Anda pengemar timnas Inggris? Jika iya, anda pasti tersenyum senang melihat hasil undian pembagian grup putaran final Piala Dunia 2018 yang menempatkan tim kesayangan anda dalam grup yang relatif ringan. Tim asuhan Gareth Southgate tergabung di grup G bersama Belgia, Panama dan Tunisia. Dari komposisi ini mudah untuk mengatakan bahwa kompetitor terberat The Three Lions di fase grup adalah Belgia yang diperkuat sejumlah bintang sepakbola dunia yang mayoritas bermain di kompetisi Premier League Inggris.
Inggris saat disingkirkan Islandia di Euro 2016 - Photo by metro.co.uk
Sebut saja nama Eden Hazard, Jan Vertoghen, Thibaut Courtouis, Vincent Kompany, Marouane Fellaini serta Romelu Lukaku. Tambahkan pula nama-nama lain dari luar Liga Inggris seperti Radja Nainggolan, Yannick Carrasco dan Dries Mertens. Anda pasti spontan berpikir bahwa Belgia adalah lawan terberat Inggris di grup ini sementara Panama dan Tunisia adalah sumber poin dan saldo gol bagi Harry Kane dkk. Benarkah demikian?

Inggris wajib berhati-hati dengan pemikiran seperti ini. Diatas kertas memang Belgia jadi tim yang paling sulit bagi Inggris lalu Panama dan Tunisia seharusnya mudah untuk ditekuk. Pikiran-pikiran seperti ini yang muncul dalam dua partisipasi Inggris di turnamen besar dan membuat juara Piala Dunia 1966 itu gigit jari.

Transfermarkt memperlihatkan bagaimana Inggris gagal melewati tim yang diatas kertas bisa mereka taklukkan dan berakibat kegagalan The Three Lions. Ingat ketika Inggris berada satu grup dengan Kosta Rika, Italia dan Uruguay di fase grup Piala Dunia 2014 Brazil. Sejak awal fans The Three Lions sudah mengincar Kosta Rika sebagai sumber gol dan perolehan 3 poin mereka di fase grup. Apa yang terjadi?

Inggris kala itu hanya bermain imbang tanpa gol dengan Kosta Rika, tim yang diatas kertas harusnya bisa mereka kalahkan. Diluar dugaan, tim dari konfederasi CONCACAF itulah yang menemani Uruguay lolos ke dari fase grup.

Kewaspadaan Inggris pada tim-tim lemah seharusnya semakin dikuatkan jika mengingat pengalaman terakhir mereka di Piala Eropa 2016. Inggris secara mengejutkan dikandaskan debutan turnamen Islandia dengan skor 1-2 di babak 16 besar. Jika tidak berhati-hati, Panama yang juga merupakan debutan Piala Dunia bisa menjadi “Islandia baru” bagi The Three Lions. Pun demikian dengan Tunisia yang kembali tampil di Piala Dunia selepas tiga partisipasi beruntun di episode 1998, 2002 dan 2006.

Panama dan Tunisia punya potensi untuk menyulitkan bahkan mengandaskan Inggris di fase grup. Meski berstatus debutan, Panama adalah satu dari lima tim terbaik zona CONCACAF saat ini. Pencapaian Panama di Gold Cup, turnamen yang mempertemukan negara-negara di konfederasi ini menegaskan status mereka sebagai salahsatu tim elit CONCACAF.

Transfermarkt mencatat sejak 2005 Panama selalu lolos dari fase grup Gold Cup. Panama memang belum sekalipun mencatatkan diri sebagai juara Gold Cup namun dengan catatan 2 kali runner up pada 2005 dan 2013 serta dua kali menembus semifinal pada 2011 dan 2015 memperlihatkan potensi Panama sebagai salahsatu utusan CONCACAF di Rusia 2018.
Panama jadi debutan di Piala Dunia 2018 - Photo by nigerianbulletin.com
Inggris tidak hanya wajib waspada dengan Panama karena Tunisia pun punya potensi mengejutkan Harry Kane dkk. Bagaimana Tunisia selalu lolos ke babak perempat final dalam dua gelaran Piala Afrika terakhir tahun 2015 dan 2017 memperlihatkan kapabilitas mereka sebagai salahsatu tim elit Afrika.

Panama dan Tunisia bisa mengejutkan Inggris bahkan Belgia jika dua tim elit Eropa itu tidak menjaga kewaspadaan. “Bahaya jika kami meremehkan tim (seperti Panama dan Tunisia). Dalam dua turnamen terakhir, Kosta Rika lolos dari grup kami serta Islandia menyingkirkan kami. Bodoh jika kami tidak belajar dari pengalaman itu” tegas Southgate pada Talk Sport (2/12/2017) mengingatkan Harry Kane dkk untuk waspada dengan Panama dan Tunisia.

Nah, Southgate sendiri sudah pasang ancang-ancang waspada. Giliran anda fans timnas Inggris untuk berhenti berpikir bahwa Panama dan Tunisia adalah lawan empuk untuk The Three Lions atau keduanya akan menjadi “Kosta Rika dan Islandia baru” bagi Inggris.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.