Generasi Muda Sepakbola Indonesia, Dengarkan Pesan Bambang Pamungkas Ini

Siapa tidak kenal Bambang Pamungkas? Inilah salahsatu ikon sepakbola Indonesia yang begitu populer di tengah masyarakat. Meski prestasinya bersama timnas Indonesia hanya berupa juara Piala Kemerdekaan 2000 dan 2008, sosoknya tetap dianggap sebagai legenda hidup sepakbola Indonesia.
Bambang Pamungkas dengan gaya selebrasi golnya - Photo by Indosport
Pemain kelahiran 10 Juni 1980 tersebut kerap dianggap sebagai role model terbaik bagi remaja-remaja Indonesia yang ingin terjun menjadi pesepakbola professional. Rekam jejak Bambang Pamungkas yang jauh dan minim dari kontroversi serta pengalamannya sebagai kapten timnas Indonesia membentuk imej dirinya yang positif.

“Bambang adalah seorang striker langka di Indonesia. Komitmen dan profesionalismenya adalah keunggulannya dari pemain lain dan langka di Indonesia” ujar Ivan Kolev, mantan pelatih timnas Indonesia dalam testimoninya di buku karya Bepe, panggilan akrab Bambang Pamungkas berjudul BEPE20:Ketika Jemariku Menari

Bepe memang gemar menuangkan buah pikirannya dalam sebuah tulisan. Beberapa tulisannya di laman resmi bambangpamungkas20.com memuat poin-poin yang berharga sebagai nasehat bagi remaja-remaja Indonesia yang berhasrat menjadi pesepakbola professional. Simak apa pesan Bambang Pamungkas berikut dalam salahsatu tulisannya :

Cara Bepe memotivasi diri saat berada pada titik jenuh
“Membaca buku saya sendiri, dengan begitu saya dapat mengingat kembali perjalanan perjuangan saya hingga sampai ke titik dimana saya berdiri saat ini. Hal tersebut dapat mengembalikan motivasi saya”

Pesan Bepe kepada pemain muda yang berjiwa keras dan tidak takut mencederai lawan
“Pikirkan apakah saya bisa menerima perlakuan seperti yang akan saya lakukan kepada orang lain sebelum bertindak, maka respon yang kemudian muncul akan lebih bijaksana” 

Cara Bepe mensikapi setiap kritikan
“Kita membutuhkan kritik agar dapat melihat hasil kerja kita secara utuh. Jadikan kritik sebagai sebuah cermin agar kita dapat memperbaiki diri”
Bepe saat bertarung mengenakan seragam timnas Indonesia - Photo by CNN Indonesia
Pesan dari Bepe jika satu saat seorang penyerang mengalami krisis mencetak gol
“Kembali berlatih dengan tekun. Memperbanyak latihan akan membuat kita dapat mengingat kembali hal-hal yang kita sempat lupa, termasuk mencetak gol”

Pesan Bepe kepada generasi muda yang ingin membanggakan Indonesia lewat sepakbola
“Jangan pernah berhenti bermimpi, karena mungkin suatu saat nanti mimpi kalian akan menjadi kenyataan”

Poin-poin diatas terkesan sederhana dan normatif namun silahkan anda renungkan bahwa poin-poin itu lahir dari seorang Bambang Pamungkas, penyerang legendaris Indonesia dan mantan kapten timnas. Tentu maknanya berbeda dan tidak menjadi ucapan sambil lalu saja karena menimbang latar belakang dan pengalaman yang dimiliki Bepe.

Ini bukan sekedar poin dari hasil obrolan sejumlah penggemar sepakbola nasional di warung kopi yang menyeruput kopi hitam sembari meneriaki TV yang menayangkan siaran langsung para pemain Merah Putih yang sedang bertarung diatas lapangan hijau.

Ini adalah poin dari seorang Bepe, legenda hidup sepakbola Indonesia dan untuk itu remaja-remaja Indonesia yang ingin menjadi pesepakbola professional wajib mendengarkan karena mereka harus menjadi lebih baik dari generasi Bambang Pamungkas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.