Deretan 3 Striker Dengan Kontribusi Gol Terbesar Di Liga Italia (Bukan Daftar Top Skor)

Seperti sudah disebutkan pada judul, tulisan ini tidak mengulas daftar top skor sementara Serie A Italia melainkan lebih dalam lagi daripada itu, tulisan ini mengulas striker dengan kontribusi gol terbesar bagi timnya. Kontribusi yang dimaksudkan disini dilihat dari berapa gol yang disumbangkan seorang striker dari total seluruh gol yang dihasilkan timnya di Liga Italia sampai pekan ke 23.

Ini menarik karena jika anda perhatikan daftar top skor sementara Serie A Italia saat ini, nama Ciro Immobile berada dipuncak pencetak gol terbanyak namun kontribusi gol-gol striker Lazio itu bagi timnya ternyata bukan yang terbaik. Silahkan menyimak data yang dirangkum dari Who Scored berikut :

Mauro Icardi (Kontribusi 47%)

Kapten Inter Milan ini boleh kalah dalam urusan banyak-banyakan gol dengan Ciro Immobile tetapi 18 gol yang sudah dicetaknya memiliki makna lebih besar daripada harga gol-gol Immobile bagi Lazio.
Mauro Icardi sangat diandalkan di lini depan Inter - Photo by express.co.uk
Inter Milan sudah menyarangkan 38 gol ke gawang lawan di Liga Italia musim ini dan Icardi menyumbangkan 18 diantaranya. Catatan ini membuat 47% dari seluruh gol Inter Milan alias hampir setengahnya datang dari Mauro Icardi. Ini catatan bagus untuk menunjukkan peran vital Icardi bagi Inter Milan namun disisi lain memperlihatkan bagaimana ketergantungan Luciano Spalletti pada penyerang Argentina itu.

Pemain terdekat yang ikut menyumbangkan gol bagi Inter Milan adalah Ivan Perisic. Mau tahu berapa jumlah gol yang dibuatnya untuk mendekati kontribusi 18 gol Icardi? Hanya 7 gol! Tidak heran jika Inter Milan kesulitan menang akhir-akhir ini.

Fabio Quagliarella (Kontribusi 38%)

Status Sampdoria sebagai tim kejutan musim ini di Liga Italia dengan berada di posisi 6 klasemen sementara adalah gambaran efek kontribusi gol-gol Fabio Quagliarella bagi Sampdoria.
Quagliarella, makin tua makin jadi - Photo by sampdoria.it
Quagliarella sudah mencetak 16 gol dari total 42 gol Sampdoria sampai pekan ke 23 Liga Italia. Artinya striker yang sudah terhitung gaek itu berkontribusi sebesar 38% atas gol-gol Sampdoria sejauh ini. Kontribusi yang menjadikan tim tersebut sebagai kuda hitam pertarungan berebut tiket ke Eropa musim depan.

Ciro Immobile (Kontribusi 34%)

Penyerang Lazio sekaligus timnas Italia ini boleh-boleh saja menjadi striker tersubur sampai pekan ke 23 Liga Italia tetapi untuk urusan kontribusi gol dirinya berada di posisi ketiga dengan kontribusi sebesar 34%. Total 20 gol Immobile berada diantara 58 gol yang sudah dicetak Lazio sejauh ini.
Immobile saat merayakan gol - Photo by sportfair.it
Tiga nama diatas memang merupakan penghuni 3 besar daftar top skor sementara Liga Italia. Immobile menjadi yang teratas disusul Icardi lalu Quagliarella. Namun jika berbicara soal kontribusi gol maka urutan tersebut berubah menjadi seperti yang sudah dipaparkan diatas.

Menariknya, tidak ada nama penyerang Napoli dan Juventus yang sedang bertarung berebut Scudetto pada daftar ini. Sebuah gambaran bahwa dalam kedua tim itu kontribusi mencetak gol cukup merata dan tidak mengandalkan pada figur tertentu saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.