Bulan Madu AC Milan Bersama Gattuso Baru Saja Dimulai

Keputusan AC Milan menunjuk Gennaro Gattuso menggantikan Vincenzo Montella tampaknya mulai membuahkan hasil. Diragukan karena riwayat kepelatihannya yang buruk membuat tidak sedikit yang mengernyitkan dahi akan keputusan Milan menjadikannya sebagai pelatih baru Milan.

Keraguan diawal itu sempat menemukan pembenaran usai Milan versi Gattuso dicatat Soccerway hanya meraih 2 kemenangan, 1 imbang dan 3 kekalahan dalam 6 laga awal. Parahnya lagi, Milan ditangan Gattuso kebobolan sampai 10 kali.

Keluar dari mulut buaya lalu masuk mulut harimau, demikian orang-orang menganalogikan pergantian pelatih dari Montella ke Gattuso. Sederhananya, mantan gelandang bertahan era The Dream Team Milan di tangan Ancelotti ini dianggap sama saja bahkan lebih buruk daripada Montella yang digantikannya.
AC Milan mulai membaik di tangan Gattuso - Photo by acmilan.com
Semua kisah diatas kini seakan menjadi masa lalu yang terlupakan. Entah dapat inspirasi kebangkitan darimana, AC Milan kini menjelma menjadi tim yang tangguh. Perlahan tapi pasti tim yang dibangun dengan dana transfer lebih dari 200 juta euro pada awal musim ini berkembang menjadi lebih solid dan menakutkan. AC Milan seperti merasakan bulan madu yang terlambat bersama Gattuso.

Perhatikan perubahan signifikan Milan dibandingkan 6 laga awal bersama Gattuso. AC Milan yang tadinya merasakan 3 kekalahan, 1 imbang dan hanya 2 kemenangan pada 6 laga awal di era Gattuso kini tengah berada dalam rentetan laju tak terkalahkan dalam 6 laga diseluruh kompetisi. Rinciannya berupa 4 kemenangan dan 2 hasil seri seperti dicatat Soccerway.

Perbaikan signifikan tampak jelas pada koordinasi lini pertahanan mereka. Leonardo Bonucci yang awalnya dianggap gagal mentransformasi performa sebagai bek papan atas Eropa di Juventus ke Milan berhasil menjadi bagian dari soliditas Milan di lini pertahanan. Bayangkan saja, dari tim yang kebobolan 10 gol dalam enam laga awal bersama Gattuso, kini Bonucci dkk hanya kebobolan 3 gol saja dalam 6 laga terakhir.

Kinerja yang terus membaik tersebut sudah membawa Milan naik ke posisi 7 klasemen sementara Serie A Italia dan membuat mereka menembus semifinal Coppa Italia. Bulan madu Milan bersama Gattuso baru saja dimulai. Jika Gattuso dapat terus konsisten menjaga performa bagus ini, Milanisti mungkin bisa tersenyum melihat pencapaian AC Milan diakhir musim nanti.   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.