Berharap Pada Napoli Agar Serie A Italia "Tidak Menjadi Bundesliga" Di Tangan Juventus


“Saat ini Serie A Italia mirip dengan Bundesliga Jerman dimana ada sebuah klub yang lebih tangguh daripada yang lain. Kami sudah bekerja dengan baik untuk menjaga persaingan Scudetto tetap terbuka dan ini tidak terjadi di Jerman” demikian komentar Maurizio Sarri dilansir dari Mediaset Premium (5/2/2018) mengenai hegemoni Juventus di Liga Italia.
Napoli, kandidat Scudetto musim ini - Photo by ilmionapoli.it
Sejak Juventus menjuarai Liga Italia pada musim 2011/2012, Serie A telah menjadi monoton seiring hegemoni Juventus yang tidak kunjung berakhir. Si Nyonya Tua sudah menguasai Liga Italia selama enam musim beruntun dan kompetisi ini sungguh membutuhkan penantang yang hebat untuk mengakhiri hegemoni Juventus tersebut. Napoli sedang melakoninya musim ini.

Marek Hamsik dkk saat ini masih bertengger di puncak klasemen sementara Serie A dengan raihan 60 poin, hanya selisih 1 poin dengan Juventus di posisi kedua. Dengan peringkat ketiga yang dihuni Lazio terpaut selisih poin sangat jauh, praktis pertarungan perebutan Scudetto hanya menyisakan Juventus dan Napoli saja.

Soccerway menunjukkan kedua tim punya kelebihan masing-masing yang bersifat krusial. Juventus adalah tim dengan lini serang terbaik di Serie A Italia musim ini dengan torehan 59 gol sejauh ini. Napoli? Lini serang mereka adalah yang terbaik ketiga setelah Lazio.

Kalah dari sisi penyerangan, Napoli adalah yang terbaik pada sisi pertahanan. Tim asuhan Sarri memiliki pertahanan terbaik di Liga Italia musim ini dengan baru kebobolan 14 gol. Adapun Juventus adalah yang terbaik kedua dalam urusan pertahanan yang tangguh.

Catatan-catatan ini memperlihatkan ketatnya perlawanan yang didapatkan Juventus dari Napoli musim ini dalam upayanya mempertahankan hegemoni di Serie A Italia. Masih tersisa 15 laga lagi bagi keduanya dan segala kemungkinan bisa terjadi.

Napoli masih akan menghadapi klub kuat sepert Lazio, AS Roma, Inter Milan, AC Milan dan laga krusial bertandang ke markas Juventus pada 22 April 2018.
Sisa 15 laga bagi Napoli menuju Scudetto - Photo by zimbio.com
Jika bisa melewati laga-laga penting tersebut maka Napoli punya peluang besar untuk menamatkan hegemoni Juventus di Serie A Italia pada musim ini. Potensi “kehabisan bensin” yang kerap menimpa pesaing Juventus selama ini kecil peluangnya dialami Napoli,

Marek Hamsik dkk sudah tidak berlaga di Liga Champions, kompetisi yang masih dilakoni Juventus. Napoli memang masih berada di Europa League namun rasanya memenangkan Scudetto dan jadi tim yang mengakhiri kekuasaan Juventus jauh lebih menarik untuk dicapai ketimbang berjaya di kompetisi Eropa kelas dua itu.

“Kami tidak merasakan tekanan. Di awal musim media bilang persaingan perebutan Scudetto antara Juventus dan Milan. Kami sedang melampaui ekspektasi jadi tidak ada tekanan” ujar Sarri masih dilansir dari Mediaset Premium (5/2/2018) menyisipkan pesan bahwa anak asuhannya “menikmati” misi untuk mengakhiri kekuasaan Juventus dan mencegah Serie A Italia menjadi seperti Bundesliga Jerman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.