Ayo Atletico! Barcelona Sedang Menurun, Kejar Puncak Klasemen!

La Liga Spanyol seru lagi! Yap, kemenangan 1-0 Atletico Madrid di kandang Malaga dan disusul hasil seri 0-0 Barcelona saat menjamu Getafe membuat persaingan perebutan gelar juara Liga Spanyol kembali menjadi seru. Barcelona yang tadinya seperti berada diatas angin untuk meraih gelar juara Liga Spanyol di musim debut Ernesto Valvderde kini seperti dipaksa berjuang lebih keras.
Atletico Madrid terus menempel Barcelona - Photo by dailymail.co.uk
Kombinasi kemenangan Atletico Madrid dan hasil imbang Barcelona membuat jarak poin Messi dkk di puncak klasemen menyusut menjadi 7 poin saja dengan Atletico Madrid di posisi kedua. Ini sebuah jarak yang masih sangat mungkin untuk disusul oleh tim asuhan Diego Simeone. Harap dicatat yah, disusul oleh Atletico Madrid BUKAN oleh Real Madrid.

Serunya lagi, Atletico sedang berada pada tren penampilan positif di La Liga bersamaan dengan munculnya indikator penurunan performa Barcelona. Who Scored memperlihatkan bahwa hasil imbang Barcelona saat menjamu Getafe merupakan kali pertama mereka gagal mencetak gol dalam sebuah laga La Liga Spanyol musim ini.

Tambahan dari catatan tersebut adalah sebuah fakta bahwa Barcelona sudah dua kali beruntun gagal meraih kemenangan di Liga Spanyol setelah pada pekan sebelumnya juga tertahan imbang 1-1 saat melawan Espanyol. Oh ya, Espanyol juga menorehkan kekalahan perdana bagi Barcelona musim ini di ajang Copa Del Rey. Hmm, sebuah indikator penurunan?

Barcelona memang terlihat menurun, setidaknya jika mengacu pada data-data diatas. Apa penyebabnya? Kelelahan versi Andres Iniesta. “Ini merupakan bulan-bulan sibuk dalam satu musim dan kami wajib tampil baik di tiga kompetisi. Ada rasa lelah dan penat” ujar kapten Barcelona itu seperti dilansir dari Soccerway (12/2/2018).

Disisi lain, Ernesto Valverde mencoba bersikap realistis bahwa Liga Spanyol memang kompetisi yang ketat. “Liga ini tidak pernah mudah, kami harus bekerja keras. Tidak mungkin kami selalu memenangi pertandingan, akan selalu ada kemunduran” ujar Valverde seperti dilansir Marca (12/2/2018).

Coba anda simak kata-kata terakhir Valverde yang menyebutkan “Akan selalu ada kemunduran”. Pelatih Barcelona tersebut sendiri mengakui bahwa Messi dkk memang sedang mengalami penurunan.Kondisi yang seharusnya mampu dimanfaatkan Atletico Madrid dengan baik.
Diego Simeone harus memanfaatkan penurunan Barcelona - Photo by en.as.com
Disaat Barcelona mengalami dua hasil imbang beruntun, Antoine Griezmann dkk justru terus melaju dengan 3 kemenangan beruntun. Inilah yang membuat selisih poin Atletico dan Barcelona terus menipis menjadi 7 poin saja. Jarak yang bisa ditempuh dengan syarat Barcelona merasakan 2 hasil seri dan 1 kekalahan lagi. Mungkinkah terjadi?

Sangat mungkin. Fakta bahwa tim papan tengah seperti Espanyol dan Getafe bisa mencuri poin dari Barcelona menjadi bukti bahwa Barcelona masih punya peluang untuk kehilangan poin lagi terutama jika bertemu dengan tim-tim papan atas La Liga Spanyol. Tambahkan pula catatan bahwa Messi dkk masih berjibaku di Liga Champions sehingga berpotensi menambah faktor kelelahan tim, sesuatu yang dikeluhkan Iniesta.

Nah, jika sudah begini keadaannya maka fans Atletico layak untuk menyemangati tim kesayangan mereka untuk menjaga bahkan meningkatkan performa demi menyalip Barca di puncak klasemen. Ayo Atletico! Barcelona sedang menurun. Manfaatkan itu!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.