Apakah Gattuso Sudah Membuat Milan Lebih Baik? Liga Europa Akan Mengujinya

Apakah AC Milan sudah lebih baik bersama Gattuso? Tergantung anda mau melihat dari sudut pandang yang mana. Who Scored mencatat Milan belum terkalahkan di seluruh ajang sejak akhir Desember 2017. AC Milan ditangan Gattuso meraih 5 kemenangan dan 3 hasil seri. Atas dasar ini rasanya pantas untuk menilai bahwa AC Milan sudah lebih baik bersama Gattuso.
Apakah Milan lebih baik bersama Gattuso? - Photo by fourfourtwo.com
Lain soal ketika anda melihatnya secara keseluruhan dan tidak terpaku pada data 8 laga terakhir Milan. Gattuso sejauh ini sudah menangani Milan dalam 14 laga di seluruh ajang dengan hasil 7 menang, 4 seri dan 3 kalah. Milan kini bertengger di posisi 7 klasemen Serie A Italia alias sama dengan posisi Rossoneri saat berpisah dengan Vincenzo Montella. Dari gambaran data ini terlihat bahwa sebenarnya Milan belum benar-benar menjadi lebih baik.

Meski demikian, konsistensi yang ditunjukkan AC Milan versi Gattuso dengan mencatatkan 8 laga beruntun tak terkalahkan adalah sebuah sinyal perbaikan yang tak terbantahkan lagi. Ini adalah rentetan laga tanpa kalah terpanjang Milan musim ini. Sebelumnya bersama Montella, Milan hanya pernah merasakan 4 laga beruntun tanpa kalah.

Konsistensi hasil tanpa kalah sepanjang 8 laga beruntun memperlihatkan stabilitas yang sudah mulai terbangun dalam tim asuhan Gennaro Gattuso. Menjadi menarik untuk menyaksikan apakah konsistensi itu masih terjaga ketika Milan berlaga di Liga Europa, ajang yang meninggalkan kesan buruk bagi Gattuso sebagai pelatih Milan.
Gattuso mengandalkan Andre Silva di Liga Europa - Photo by calciomercato.com
Liga Europa merupakan ajang dimana Gattuso pertama kali merasakan kekalahan sebagai pelatih Milan. Setelah memulai debut sebagai juru taktik Milan melawan Benevento yang berakhir seri 2-2, Gattuso langsung merasakan kekalahan perdana pada laga keduanya menangani Milan. Ironisnya, Milan versi Gattuso takluk dari “klub antah berantah” Rijeka dengan skor 0-2.

Kini menarik untuk dinantikan bagaimana Gattuso memoles Leonardo Bonucci dkk menghadapi Ludogorets Razgrad di fase gugur Liga Europa. Jika mampu mentransfer konsistensi di kompetisi domestik ke kompetisi Eropa maka bolehlah kita menilai bahwa Milan kini menjadi lebih baik di tangan Gattuso.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.