Siapa Pemain MU Yang Akan Tersingkir Dengan Kedatangan Alexis Sanchez?

Siapa pemain MU yang akan tersingkir dengan kedatangan Alexis Sanchez ke Old Trafford? Inilah pertanyaan yang muncul usai bintang timnas Cile itu dipastikan merapat bergabung dari Arsenal. Dibalik sukacita bergabungnya mantan pemain Barcelona itu, sejumlah nama ditenggarai was-was dengan kehadirannya.

Gambar pengumuman Alexis sebagai rekrutan baru MU - Photo by express.co.uk
Posisi bermain Alexis Sanchez yang fleksibel di lini depan membuat para pemain MU yang berada di sektor tersebut bak kedatangan anak pintar baru di dalam kelas yang bakal jadi favorit Bapak Guru Jose Mourinho. Jika tidak pandai-pandai meningkatkan kinerja atau sudah kadung dinilai tidak bagus maka siap-siap saja berteman akrab dengan bangku cadangan di setiap laga.

Alexis Sanchez dapat bermain sama bagusnya sebagai gelandang serang di belakang penyerang tengah, gelandang serang di sektor sayap sekaligus sebagai penyerang sayap bahkan oke-oke saja jika diminta bermain sebagai penyerang tengah. Nah, dengan fleksibilitas tersebut maka mereka yang memainkan posisi-posisi di atas wajib waspada.

Sebagai penyerang tengah rasanya Mourinho sudah mematenkan posisi Romelu Lukaku. Bagaimana menit bermain Ibrahimovic sangat minim usai kembali dari cedera menunjukkan bahwa Lukaku sudah dipercaya sebagai penyerang utama di lini terdepan. Pada posisi ini Alexis tampaknya tidak serta merta menjadi pesaing Lukaku karena dengan preferensi Mourinho memainkan satu penyerang tengah dalam formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3 maka terasa sayang jika Alexis harus menunggu giliran di bangku cadangan untuk turun menjadi penyerang tengah.

Dengan kata lain, sektor gelandang serang di tengah dan sayap menjadi posisi terbaik untuk Alexis dalam skuad asuhan Mourinho. Artinya, Juan Mata, Anthony Martial, Marcus Rashford dan Jesse Lingard kini punya pesaing kuat untuk berebut posisi inti dalam tim. Siapa yang akan ditepikan Mourinho?

Banyak yang menilai bahwa Rahsford dan Martial akan menjadi dua nama terdepan untuk ditepikan The Special One mengingat keduanya kerap berbagi menit bermain. Terkadang Rahsford menjadi starter lalu Martial masuk menggantikannnya atau sebaliknya. Adapun Jesse Lingard yang sedang on fire sepertinya tidak akan begitu saja ditaruh ke bangku cadangan. Pun demikian dengan Juan Mata.

Pertanyaannya, benarkah Rahsford atau Martial yang pantas disingkirkan untuk memberi jalan bagi Alexis Sanchez beraksi? Well, Mourinho sebaiknya menyimak sebuah data yang menunjukkan bahwa Juan Mata justru menjadi sosok yang paling pantas ditepikan ke bangku cadangan.

Juan Mata terancam dengan kedatangan Alexis? - Photo by express.co.uk
Who Scored memperlihatkan catatan kinerja Rashford, Martial, Lingard dan Juan Mata. Hasilnya? Juan Mata memiliki kinerja terburuk diantara keempatnya. Dengan menit bermain paling banyak sebesar 1339 menit, Juan Mata justru gagal memberikan performa yang lebih baik. Gelandang timnas Spanyol itu hanya melesakkan 3 gol sejauh ini, kalah dengan 9 gol Martial, Lingard (7) dan Rashford (4). Padahal ketiga pemain ini memiliki menit bermain lebih sedikit dari Juan Mata.

Kalah di jumlah gol, Juan Mata juga kalah dari sisi kemampuan memberikan assist. Mantan pemain Chelsea itu hanya melesakkan 3 assist dan kalah dari 5 assist Rashford serta 4 assist dari Martial dan Lingard. Masih kurang? Juan Mata juga kalah agresif dengan hanya melesakkan 1.1 shoot tiap laga. Bandingkan dengan 2 shoot per laga Rashford dan 1,6 shoot per laga dari Martial dan Lingard.

Jika Mourinho menyadari catatan ini, maka Juan Mata berpotensi menjadi personil yang disingkirkan pria Portugal itu ke bangku cadangan demi memberi posisi di lini serang bagi Alexis Sanchez. Performa gelandang timnas Spanyol itu kalah dari Rahsford, Martial dan Lingard yang notabene tidak bermain sebanyak dirinya. Menarik ditunggu bagaimana keputusan Mourinho nantinya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.