Samai Rekor Guardiola, Barcelona Era Valverde Kurang Gelar Juara Saja

Kalau anda diberi pertanyaan mengenai Barcelona era kepelatihan siapa yang paling hebat maka kemungkinan akan muncul tiga jawaban yang menyebutkan Barcelona era Johan Cruyff, Pep Guardiola dan Luis Enrique. Atas dasar alasan tersendiri, Barcelona pada tiga era ini memiliki catatan khusus dalam sejarah panjang klub Catalan itu.
Barcelona sangat perkasa musim ini - Photo bdnews24.com
Namun jika diukur hanya dari pencapaian trofi juara, maka Barcelona era Pep Guardiola lah yang pantas dikatakan paling hebat. Transfermarkt mencatat manager yang kini menangani Man City itu mempersembahkan 14 gelar juara selama menangani Barcelona. Jumlah ini lebih banyak daripada raihan trofi Luis Enrique (9) dan Johan Cruyff (11).

Tidak mudah untuk menyamai pencapaian Pep Guardiola sehingga ketika Barcelona era Valverde menyamai sebuah rekor milik Barcelona era Guardiola maka hal itu menjadi sesuatu yang luar biasa. Ya, kemenangan 2-1 Barcelona atas Alaves dalam lanjutan La Liga Spanyol membuat tim asuhan Valverde menjalani 21 laga di Liga Spanyol tanpa terkalahkan sejak awal musim.

Seperti dicatat laman resmi Barcelona, laju tak terkalahkan Messi dkk ini menyamai rekor yang dibuat Barcelona pada musim 2009/2010 saat mereka masih ditangani Pep Guardiola. Bukan hanya menyamai, Barcelona era Valverde juga membukukan statistik yang lebih baik.
Barcelona era Valverde perlu bukti gelar juara - Photo by en.as.com
Jika Barcelona era Guardiola melewati 21 laga sejak awal musim tanpa kalah dengan hasil 17 kemenangan dan 4 seri maka kali ini tim asuhan Valverde membukukan hasil 18 kemenangan dan 3 seri. Tantangan selanjutnya bagi Barca jaman now ditangan Valverde adalah memecahkan rekor tak terkalahkan terpanjang sebanyak 33 laga pada musim 2010/2011 yang juga dicetak tim milik Guardiola (dihitung bukan sejak awal musim).

Diluar pembahasan soal rekor tersebut, tantangan sesungguhnya bagi Barcelona era Valverde adalah tentang raihan trofi juara. Sehebat-hebatnya Messi dkk saat ini ditangan Valverde, tim tersebut sama sekali belum memenangkan satu pun trofi juara. Kesempatan perdana untuk memenangkan trofi juara di Piala Super Spanyol jelang musim 2017/2018 gagal setelah Barcelona kalah dari Real Madrid.

Barca dimusim perdana Valverde sejauh ini sangat positif. Mereka memimpin jauh di puncak klasemen dengan laju tak terkalahkan di La Liga Spanyol beserta embel-embel tim tertajam sejauh ini. Mereka juga sudah menginjak fase semifinal ajang Copa Del Rey serta masih berada di Liga Champions. Patut untuk dinantikan apakah Valverde juga akan mencetak treble winner seperti musim perdana Guardiola karena dengan performa luar biasa sejauh ini maka Barcelona era Valverde hanya kekurangan trofi juara saja.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.