Menilai Debut Alexis Sanchez, Dari Formasi 4-3-3 Sampai Posisi Penyerang Sayap Kiri

Setelah MU berhasil mendaratkan Alexis Sanchez ke Old Trafford, setidaknya terdapat beberapa pertanyaan dari fans MU terkait keberadaan Sanchez dalam skuad tim asuhan Jose Mourinho. Seperti kapan debut Alexis Sanchez di atas lapangan mengenakan nomor punggung 7 MU, bagaimana MU bermain dengan Alexis Sanchez, formasi apa yang akan diterapkan Mourinho, bermain di posisi apa mantan pemain Arsenal itu sampai siapa yang akan ditepikan Mourinho demi memberi tempat pada Sanchez?

Alexis Sanchez saat menjalani debut bersama MU - Photo by express.co.uk
Semua pertanyaan diatas langsung terjawab pada laga FA Cup saat MU bertandang ke markas Yeovil Town. MU Menang 4-0 dalam laga tersebut dan rasanya bukan skor ini yang menjadi perhatian utama melainkan bagaimana MU bersama Alexis Sanchez lah yang menjadi sorotan utama pertandingan itu.

Pertanyaan tentang formasi apa yang diterapkan Mourinho untuk mengakomodasi keberadaan Alexis Sanchez terjawab sudah. MU dicatat Who Scored bermain dengan formasi 4-3-3. Dalam formasi agresif itu, Alexis Sanchez mengisi posisi penyerang sayap kiri dan membentuk trio penyerang bersama Marcus Rashford sebagai penyerang tengah dan Juan Mata sebagai penyerang sayap kanan.

Pilihan formasi ini menepikan Romelu Lukaku, Anthony Martial, Jesse Lingard dari skuad pilihan Mourinho pada laga tersebut. Zlatan Ibrahimovic? Ah sudahlah. Pemain ini bahkan tetap saja jadi pilihan kesekian untuk Mourinho meski Alexis Sanchez tidak datang ke Old Trafford.

Sanchez bermain baik dalam laga debutnya - Photo by indianexpress.com
Bagaimana performa Alexis Sanchez dalam formasi tersebut? Dalam catatan Who Scored, mantan pemain Arsenal itu berhasil melesakkan 2 shoot dengan 1 mengarah ke gawang. Jumlah ini kalah dari lesakan tendangan Marcus Rashford (4 shoot 2 on target) dan Anders Herrera (3 shoot 1 on target). Meski demikian, Sanchez menjadi pemain yang paling banyak membuat umpan kunci sebanyak 6 buah termasuk kontribusinya pada 2 gol MU. Sanchez juga menjadi pemain yang paling banyak menyentuh bola sebanyak 97 kali bersama Herrera.

Kinerja Sanchez yang membuat catatan umpan kunci dan sentuhan bola terbaik dari seluruh pemain MU ini memperlihatkan pemain timnas Cile tersebut sangat terlibat dalam permainan MU terutama pada aspek penyerangan. Dengan Alexis hanya bermain sampai menit 71 untuk memberikan kontribusi tersebut memperlihatkan bahwa dirinya punya “sesuatu” untuk membuat MU lebih baik.

“Dia adalah tambahan yang menakjubkan untuk kami. Alexis adalah pemain fantastis buat kami. Dia menghadirkan kematangan ekstra dan berkelas. Saya sangat gembira” ujar Mourinho dilansir dari BBC (27/1/2018) menilai debut Alexis Sanchez. Ya, pantas kiranya The Special One bergembira. Kehadiran Alexis menambah opsi Mourinho di lini serang dan untungnya opsi terbaru ini memperlihatkan kemampuan adaptasi yang bagus dalam debutnya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.