Menang 2-0, Juventus Susah Payah Menembus Formasi 5-3-2 Chievo

Dihadapan pendukungnya yang memadati Stadio Marc’Antonio Bentegodi, Chievo memperlihatkan salahsatu cara terbaik untuk meredam Juventus. Pada giornata 22 Serie A Italia, Minggu (28/1/2018), tim tuan rumah memaksa Juventus baru mencetak gol setelah Chievo hanya bermain dengan 9 pemain usai Samuel Bastien dan Fabrizio Cacciatore dikeluarkan wasit.

Juventus susah payah mengalahkan Chievo - Photo by ansa.it
Chievo dicatat Who Scored menerapkan formasi yang sejak awal keliatan banget niatnya untuk bertahan. Manager Chievo Rolando Maran memainkan formasi 5-3-2 dengan menumpuk 5 bek di lini pertahanan dan hanya menyisakan 3 pemain di tengah dan 2 penyerang di depan. Juventus sebaliknya memainkan formasi agresif 4-3-3 dengan trio Mandzukic, Higuain dan Costa memulai laga di lini depan.

Ketimpangan langsung terlihat dalam jumlah penguasaan bola yang didominasi 76.5 persen oleh Juventus. Alhasil Si Nyonya Tua kemudian berhasil melesakkan 16 ancaman dimana 7 mengarah ke gawang Chievo yang dikawal Stefano Sorrentino. Chievo? Tim tuan rumah hanya berhasil melesakkan 1 saja ancaman ke gawang Juve.

Meski didominasi sepanjang laga oleh tamunya, Chievo sukses bikin stress Juventus karena tidak kunjung kebobolan. Ketika Chievo harus bermain dengan 10 pemain di babak pertama usai Samuel Bastien mendapatkan kartu merah di menit ke 37, Juventus masih belum sanggup menembus jala gawang Chievo.

Pemegang Scudetto musim lalu itu baru berhasil mencetak gol usai kartu merah Cacciatore di menit ke 61 yang berarti Chievo harus bermain dengan 9 pemain. Hanya butuh waktu 6 menit berselang untuk Juventus mencetak gol pertama di laga tersebut lewat Sami Khedira sebelum Higuain menuntaskan dengan gol kedua pada menit 88.

Higuaín mencetak gol kedua Juventus - Photo by bbc.co.uk
Catatan ini memperlihatkan sulitnya Juventus meredam formasi ultra defensive Chievo. Juventus bahkan harus menunggu Chievo bermain dengan 9 orang untuk menembus formasi 5-3-2 yang sebenarnya sudah bubar jalan sejak menit 37 babak pertama. Hebatnya lagi, Chievo mampu menahan Juventus mencetak gol kedua dengan 9 pemain selama 21 menit sebelum Higuain mencetak gol kedua Si Nyonya Tua.

Bagi Juventus kemenangan ini membuat mereka memimpin sementara di puncak klasemen sambil menunggu hasil laga Napoli sebagai pesaing terkuat musim ini. Sebaliknya bagi Chievo, kekalahan ini menempatkan mereka di posisi 13 dan berpotensi disalip Genoa dan Cagliari namun disisi lain memperlihatkan salahsatu cara untuk meredam Juventus yang bisa ditiru oleh tim lain.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.