Maaf Cavani, Rekor Gol Boleh Pecah Tetapi Ibrahimovic Tetap Lebih Hebat Di PSG


Edinson Cavani baru saja mencatatkan sebuah pencapaian istimewa berupa pemecahan rekor gol terbanyak di PSG milik Zlatan Ibrahimovic. Status top skor sepanjang masa itu diperolehnya usai mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 PSG atas Montpellier, Minggu (28/1/2018).
Cavani memecahkan rekor gol Ibra di PSG - Photo by express.co.uk
Cavani memang seperti memanfaatkan momen kepergian Zlatan Ibrahimovic ke MU pada musim 2016/2017 untuk mengejar pundi-pundi golnya di PSG. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa keberadaan Ibrahimovic di PSG membuat mantan striker Napoli itu seperti menghadapi persaingan dengan Ibrahimovic di lini depan PSG.

Sejak lini depan PSG ditinggalkan legenda timnas Swedia itu, praktis Cavani menjadi pilihan utama sebagai ujung tombak tim kota Paris itu. Pun ketika mega bintang Brazil Neymar datang, posisi penyerang tengah dalam formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1 tetap menjadi milik Cavani.

Dengan ketajaman yang dimilikinya plus level persaingan internal di PSG dan Ligue 1 Prancis yang tidak terlalu ketat, Cavani hanya menunggu waktu saja untuk memecahkan rekor gol Zlatan Ibrahimovic. Tidak banyak komentar dari Cavani saat kesempatannya memecahkan rekor gol Ibrahimovic tertunda ketika PSG menang besar 8-0 atas Dijon. Padahal seharusnya peluang itu terbuka lebar saat PSG mendapatkan hadiah penalti dan Neymar sebenarnya “sudah kebanyakan” berkontribusi gol dan assist di laga itu.

Cavani seperti tahu diri bahwa cepat atau lambat rekor gol Ibra akan pecah dan itulah yang terjadi saat Cavani mencetak gol ke gawang Montpellier. Gol tersebut menjadi gol ke 27 Cavani musim ini untuk PSG.dan menjadi gol ke 157 meninggalkan 156 gol yang dibuat Ibra untuk PSG. Artinya, secara resmi status top skor sepanjang masa untuk PSG yang dipegang Ibra beralih ke Cavani.

Pertanyaannya, apakah dengan ini Cavani berarti lebih hebat dari Ibrahimovic? Jika rujukannya jumlah gol secara keseluruhan maka Cavani jelas lebih baik. Tetapi menilik catatan statistik yang dilalui keduanya untuk mencetak gol sebanyak itu maka Ibrahimovic absolutely lebih hebat daripada Cavani.
Ibra lebih hebat daripada Cavani - Photo by express.co.uk
Rujukannya sederhana saja. Transfermarkt memperlihatkan Cavani mencetak 157 gol dalam 227 laga sedangkan Ibrahimovic hanya butuh 180 laga untuk mencetak 156 gol. Artinya Cavani butuh 47 laga lebih banyak untuk bisa melewati pencapaian rekor gol Ibrahimovic untuk PSG. Sebagai catatan, selama tiga musim Cavani dan Ibra bermain bersama di PSG, Cavani selalu mendapatkan jumlah bermain yang lebih banyak tiap musimnya daripada Ibra tetapi jumlah gol yang dihasilkannya selalu kalah dari Ibra.

Jika ditelaah lebih jauh lagi, Soccerway mencatat Cavani butuh 5 musim berseragam PSG untuk mendapatkan status pencetak gol terbanyak sepanjang masa sedangkan Ibrahimovic hanya perlu 4 musim untuk bergelar pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Bayangkan jika Ibra masih berada di PSG dan terus menambah jumlah golnya. Sekali lagi catatan ini memperlihatkan bahwa Ibra masih lebih baik daripada Cavani.

Masih kurang bukti? Oke, perhatikan usia saat kedua pemain meraih status top skor sepanjang masa PSG. Jika Cavani meraihnya di usia 30 maka Ibrahimovic meraihnya di umur 34 tahun. Nah lebih jagoan mana sekarang? Jadi Cavani, rekor gol boleh dipecahkan tetapi Ibrahimovic tetap lebih hebat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.