Ketika Victor Valdes Tidak Beruntung Berada Di Era Yang Sama Dengan Iker Casillas

Siapa kiper terbaik Spanyol sepanjang masa? Jika pertanyaan ini anda ajukan pada pendukung Real Madrid maka jawabannya kemungkinan besar adalah Iker Casillas. Pun demikian jika pertanyaan ini melebar ke pendukung timnas Spanyol. Mantan kapten Real Madrid dan tim Matador itu adalah orang pertama yang mengangkat trofi juara saat Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010. Iker Casillas adalah yang terbaik.

Valdes sangat sukses bersama Barcelona - Photo by dailymail.co.uk
Tapi tidak demikian halnya jika pertanyaan itu diberikan pada pendukung Barcelona. Nama Victor Valdes niscaya akan terlontar dari mulut fans Barcelona. Sosok yang akhirnya mantap mengakhiri karirnya di bawah mistar gawang itu adalah kiper andalan Barcelona pada era kesuksesan Barcelona bersama Franjk Riijkard dan Pep Guardiola.

Transfermarkt mencatat Valdes menghabiskan karirnya sejak 2002 sampai 2014 di tim senior Barcelona. Total 12 tahun pengabdiannya lantas menjadikan sosok yang memulai karir di tim junior Barcelona tersebut sebagai legenda di bawah mistar gawang Barca. Semua gelar yang mungkin diraih oleh seorang pemain di level klub berhasil dimenangkannya.

Pantas jika dimata fans Barcelona, Valdes adalah kiper terbaik Spanyol, bahkan lebih baik daripada Iker Casillas. Bukti sahih tersaji. Dalam catatan Soccerway terlihat perbandingan gelar yang diraih Valdes tidak kalah dengan Iker Casillas:

Iker Casillas = La Liga (5), Copa Del Rey (2), Piala Super Spanyol (4), Liga Champions (3), Piala Super Eropa (2), Piala Dunia Antar Klub / Intercontinental Club (2).

Victor Valdes = La Liga (6), Copa Del Rey (2), Piala Super Spanyol (6), Liga Champions (3), Piala Super Eropa (2), Piala Dunia Antar Klub / Intercontinental Club (2).

Bukti pengakuan Valdes sebagai kiper terbaik Spanyol setidaknya di La Liga Spanyol langsung terlihat pada jumlah Zamora Trofi yang dimenangkannya. Trofi penghargaan untuk kiper yang paling sedikit kebobolan di Liga Spanyol itu diberikan lima kali kepada Valdes dan hanya sekali dimenangkan Iker Casillas. Status sebagai salahsatu kiper terbaik dunia boleh jadi akan disematkan ke Victor Valdes juga jika dirinya mendapatkan kesempatan sama besarnya saat memperkuat timnas Spanyol.

Karir Valdes di tim Matador inilah yang sering disebut sebagai bukti nyata “kesialannya” berada pada era Iker Casillas. Kiper legendaris Real Madrid itu kadung mendapat tempat sebagai pilihan nomor satu dibawah mistar gawang La Furia Roja. Sialnya lagi, Iker Casillas nyaris tidak tersentuh cedera parah selama mengawal gawang Spanyol sehingga praktis kesempatan Valdes untuk beraksi mencuri perhatian sangat minim.

Meski gelar juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 bersama Spanyol masuk dalam daftar gelar yang dimenangkan Valdes sepanjang karirnya tetapi gregetnya dipastikan tidak sebagus saat memenangkan trofi juara bersama Barcelona. Valdes hanyalah seorang “pemandu sorak” bagi Casillas di bangku cadangan tim Matador dan kondisi tersebut jelas bertolak belakang dengan statusnya sebagai kiper legendaris Barcelona.

Keputusannya hijrah ke MU ternyata tidak berjalan mulus. Membawa nama besar dari sukses luar biasa di Barcelona tidak lantas memberikannya tempat utama di bawah mistar gawang MU yang sudah dikuasai David De Gea. MU bahkan menjadi titik awal penurunan karirnya sebelum hengkang ke Middlesbrough dan mulai serius mempertimbangkan pensiun pada pertengahan 2017 sampai akhirnya secara resmi mantap mengakhiri karirnya pada awal tahun 2018.

Valdes selalu berada di bawah bayang-bayang Iker Casillas - Photo by dailymail.co.uk
Kita akan selalu mengenang Valdes sebagai salahsatu bahkan mungkin kiper terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Dirinya juga akan dikenang sebagai pesaing utama Iker Casillas pada masanya di timnas Spayol yang sayangnya persaingan itu gagal dimenangkan Valdes. Kiper tersukses Barcelona ini boleh jadi tidak beruntung berada pada era Iker Casillas. Valdes juga akan menjadi sedikit cerita dari sejarah MU tentang kiper luar biasa Spanyol yang gagal mempertontonkan kehebatannya di Liga Inggris.

Apapun itu, Victor Valdes adalah legenda, Kiper legendaris yang sudah menghibur mata penggemar sepakbola dunia selama bertahun-tahun lewat aksi – aksi penyelamatannya di bawah mistar gawang. “Garcias por todo (terimakasih untuk semuanya)” ujar Valdes di Insta Story miliknya (1/1/2018) yang kemudian dihapus sesuai keinginannya menghapus jejak di akun media sosial agar saat pensiun nanti dirinya benar-benar menghilang.

Kiper hebat itu memang telah menghilang meninggalkan mistar gawang yang dikawalnya. Tetapi memori akan kehebatannya melakukan aksi penyelamatan tidak akan hilang dalam kenangan seluruh penggemar sepakbola dunia khususnya fans Barcelona. Terimakasih Victor Valdes.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.