Dari Joel Matip Sampai Riyad Mahrez, Bintang Sepakbola Afrika Yang Absen Di Piala Dunia 2018

Benua Afrika mengirim 5 wakilnya dalam perhelatan sepakbola terbesar dunia tahun ini di Piala Dunia Rusia. Adalah Tunisia, Maroko, Mesir, Nigeria dan Senegal yang menjadi jagoan konfederasi CAF disana. Merujuk rangking FIFA yang terdapat pada laman resmi FIFA per 18 Januari 2018,  kelima negara ini memang masuk dalam 10 besar tim terbaik Afrika saat ini sehingga pantas jika kelimanya menjadi harapan warga Afrika di Rusia nanti.
Joel Matip, bek tangguh Kamerun yang gagal beraksi di Rusia - Photo by dailymail.co.uk
Sejumlah bintang sepakbola Afrika dari kelima negara itu akan hadir memeriahkan turnamen sepakbola terbesar di dunia tersebut. Sebut saja nama-nama familiar seperti Mohamed Elneny (Arsenal) dan Mohamed Salah (Liverpool) dari Mesir, Alex Iwobi (Arsenal), Ahmed Musa (Leicester City) dan Victor Moses (Chelsea) dari Nigeria, Sadio Mane (Liverpool) dan Keita Balde (AS Monaco) dari Senegal serta Medhi Benatia (Juventus), Achraf Hakimi (Real Madrid) dan Hakim Ziyech (Ajax) dari Maroko. Adapun bintang dari Tunisia mungkin hanya nama Bassem Srarfi yang cukup dikenal karena mentas sebagai pemain tengah Nice di Ligue 1 Prancis.

Disamping kehadiran sejumlah bintang sepakbola Afrika tersebut, Rusia 2018 juga terpaksa melewatkan aksi sejumlah bintang sepakbola karena kegagalan negara mereka lolos ke Piala Dunia tahun ini. Tercatat negara-negara seperti Kamerun, Pantai Gading, Ghana dan Aljazair absen sehingga beberapa bintang lapangan hijau berikut ini gagal beraksi di turnamen sepakbola terbesar itu. Simak dan mari kita meratapi absennya nama-nama berikut :

Kamerun

Transfermarkt mencatat The Undomitable Lions sebagai tim tersukses di Piala Afrika setelah Mesir. Mereka juga menjadi tim yang sangat mengejutkan dengan kelolosan sampai babak perempat final pada Piala Dunia 1990. Dari Kamerun, sejumlah bintang sepakbola yang absen adalah Vincent Aboubakar (Porto), Clinton N’Jie (Marseille) dan Joel Matip (Liverpool).

Pantai Gading

Pantai Gading berkontribusi membuat pencinta sepakbola dunia kehilangan Serge Aurier (Tottenham Hostpurs), Frank Kessie (AC Milan), Wilfried Zaha (Crystal Palace) dan Eric Bailly (Manchester United)
Pantai Gading absen di Rusia, Eric Bailly gagal mentas di Piala Dunia - Photo by mirror.co.uk
Ghana

Ghana adalah satu dari tiga tim Afrika bersama Kamerun dan Senegal yang pernah melaju sampai perempat final Piala Dunia seperti yang dicatat Transfermarkt. Afrika jelas kehilangan salahsatu jagoan terbaik mereka di pentas sepakbola dunia dengan absennya Ghana di Rusia tahun ini. Pemain-pemain seperti Christian Atsu (Newcastle United), Baba Rahman (Chelsea), Jordan Ayew (Swansea City) dan Andre Ayew (West Ham United) akan dirindukan.

Aljazair

Negara ini tampil bagus di Piala Dunia 2014 sehingga disayangkan ketidakhadirannya di Rusia 2018. Nama Riyad Mahrez (Leicester City) menjadi sosok yang paling dirindukan dari tim ini selain nama Nabil Bentaleb (Schalke), Islam Slimani (Leicester City) dan Fouzi Ghoulam (Napoli).

Absennya sejumlah bintang sepakbola dari Afrika patut disayangkan. Tarian dan gerakan selebrasi khas dari pesepakbola Afrika adalah salahsatu bagian menarik dari Piala Dunia selama ini. Seperti halnya kita tidak akan lupa saat dunia dibuat tersenyum dengan tarian Roger Milla di sudut gawang usai mencetak gol ke gawang Kolombia di Piala Dunia 1990.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.