Arsenal Musim Ini = MU Musim Lalu?

“Setiap musim pertarungan untuk empat besar semakin berat dan berat karena Liga Inggris sangat kompetitif” ujar Petr Cech seperti dilansir dari Sky Sports (29/1/2018). Kiper Ceko itu sedang membicarakan kinerja Arsenal yang terus tertahan di posisi 6 klasemen.
Arsenal masih tertahan di luar 4 besar klasemen - Photo by dailymail.co.uk
Tim asuhan Arsene Wenger saat ini memiliki 42 poin dan berjarak 23 poin dengan Man City di puncak klasemen. Artinya sudah sangat sulit jika tidak ingin dikatakan mustahil berharap gelar juara Premier League musim ini. Sebaliknya, The Gunners hanya berselisih 5 poin dengan Liverpool di posisi 4 klasemen untuk jatah terakhir ke Liga Champions.

Dari sisi ini sebenarnya kita semua paham bahwa target paling realistis Arsenal musim ini adalah merangsek masuk ke 4 besar klasemen untuk kembali berlaga di Liga Champions musim depan. Itu artinya Arsenal harus terus menang sambil berharap The Reds mengalami setidaknya 2 kekalahan.

Masalahnya apakah sesederhana itu rumus untuk masuk ke 4 besar klasemen? Jangan lupakan bahwa di bawah Liverpool masih ada Tottenham Hotspurs yang hanya berjarak 2 poin dari posisi 4 klasemen. Seperti kata Cech tadi, liga ini sangat kompetitif dan bukan urusan mudah untuk sekedar masuk 4 besar klasemen.

Melihat situasi ini, Arsene Wenger sebaiknya mulai mempelajari lagi kartu yang dimilikinya untuk menyelamatkan musim Arsenal.  Entah sadar atau tidak sadar, kondisi Arsenal saat ini sama persis dengan yang dialami Jose Mourinho bersama MU musim lalu.

Anda tentu masih ingat bagaimana MU terus mandek di posisi 6 klasemen sepanjang musim lalu. Pada situasi tersebut, Mourinho mengambil keputusan untuk fokus memenangkan trofi di luar Liga Inggris dan terutama mengejar gelar juara di kompetisi Europa League yang berhadiah lolos langsung ke fase grup Liga Champions.
Arsenal bisa saja meniru kiprah MU musim lalu - Photo by eurosport.com
Wenger tidak perlu malu meniru keputusan Mourinho musim lalu karena faktanya opsi-opsi yang dihadapi Wenger saat ini sama persis dengan yang dimiliki The Special One.

Musim lalu MU berhasil memenangkan trofi juara Piala Liga Inggris dan musim ini Arsenal sudah berada pada partai final ajang yang sama. Arsenal juga telah menginjakkan kaki di fase gugur Europa League dan mereka mendapatkan Henrikh Mkhitaryan sebagai amunisi tambahan untuk berlaga di kompetisi ini. Jangan lupa bahwa bintang timnas Armenia ini ikut mencetak gol di final Liga Europa musim lalu. Artinya bakal ada suntikan mental juara di ruang ganti Arsenal.

Jika Arsenal bisa mengalahkan Man City untuk merebut gelar juara Piala Liga Inggris dan menjuarai Europa League maka tim Mesut Ozil dkk secara tidak langsung menapak tilas kisah MU musim lalu. Inilah pilihan terbaik untuk Arsenal saat ini karena tanda-tandanya sudah terlihat sejak awal musim ketika Arsenal memenangi laga Community Shield, satu dari tiga gelar yang dimenangkan MU musim lalu. So, Arsenal tinggal memenuhi 2 gelar yang sama untuk menyerupai kiprah MU musim lalu. Bisa Wenger?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.