Arsenal Lebih Butuh Bek Daripada Penyerang

“Kami sangat buruk dalam bertahan” itulah komentar manajer Arsenal Arsene Wenger usai melihat tim asuhannya dibantai 1-3 dalam lawatan ke markas Swansea City di Liberty Stadium Rabu dini hari (31/1/2018). “Saya tidak ingin bicara soal gol kedua dan ketiga” tambah Wenger.

Pertahanan Arsenal memang bermain teramat buruk dalam laga tersebut. Jika gol kedua Swansea ke gawang The Gunners berawal dari blunder Petr Cech maka pada gol ketiga gantian Monreal yang melakukan kecerobohan. Hmmm, pantas saja Wenger seperti kehilangan mood jika sudah menyinggung dua gol tersebut.
Pemain Arsenal tertunduk dikalahkan Swansea - Photo by mirror.co.uk
Buruknya pertahanan Arsenal dalam kekalahan 1-3 dari Swansea sebenarnya mengirimkan pesan kuat pada Wenger untuk mengubah strategi transfer pemain mereka. Arsenal baru saja mendapatkan Henrikh Mkhitaryan sebagai imbas kepergian Alexis Sanchez ke MU. Belum cukup sampai disitu, klub London itu masih terus dikait-kaitkan dengan penyerang Borrusia Dortmund, Aubameyang.

Pertanyaannya, benarkah Arsenal sangat membutuhkan sosok baru di lini serang? Jika merujuk pada statistik Arsenal usai pekan ke 25, Arsenal sejatinya jauh lebih membutuhkan seorang pemain baru untuk memperkuat pertahanan.

Bertengger di posisi 6 klasemen dengan beberapa tim lain baru akan memainkan laga Kamis dini hari nanti (1/2/2018), Who Scored memperlihatkan Arsenal sebagai satu dari lima tim tertajam dalam 10 besar klasemen sementara Liga Inggris, artinya lini serang mereka so far so good.

Masalah Arsenal sebenarnya adalah di lini pertahanan. Buktinya? Ya, Arsenal adalah tim ketiga yang paling banyak kebobolan dalam deretan penghuni 10 besar klasemen. Petr Cech sudah kebobolan 34 gol dan jumlah kebobolan ini bahkan lebih buruk daripada Leicester City dan Burnley di posisi 7 dan 8 yang baru memainkan 24 laga.

Data ini bisa menjadi patokan bagi Wenger untuk menprioritaskan memburu pemain di lini pertahanan. Lini serang mereka sudah cukup bagus dengan Lacazette, Mesut Ozil, Alex Iwobi, Olivier Giroud, Wellbeck dan ketambahan seorang Mkhitaryan. Kebutuhan Arsenal sesungguhnya adalah di lini pertahanan. Jadi lupakan mengejar Aubameyang Wenger, lebih baik cari seorang bek.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.