Alaves Kepada Barcelona: "Hati-Hati Melawan Tim Papan Bawah"

Barcelona mungkin harus mulai menyadari bahwa menghadapi lawan yang terancam degradasi bisa lebih sulit daripada melawan tim di papan atas La Liga. Barcelona dipaksa bekerja keras untuk menaklukkan Alaves. Bermain dikandang sendiri, Barca malah sempat ketinggalan oleh gol John Guidetti di menit 23 meski sejatinya Messi dkk menguasai laga.
Barcelona susah payah menundukkan Alaves - Photo by bleacherreport.com
Sport Radar mencatat pada babak pertama Barcelona unggul penguasaan bola sampai 74 persen, melepaskan 5 ancaman dengan 3 mengarah ke gawang. Sebaliknya Alaves bermain sangat efektif dengan hanya mengandalkan serangan balik namun bisa memberikan 4 ancaman tepat sasaran ke gawang yang dikawal Ter Stegen.

Sampai disini Barcelona bak menemui lawan tangguh yang berpotensi membuat mereka gagal meraup poin penuh. Alaves bermain sangat solid dan ini membuat Barcelona harus menunggu sampai lewat sejam laga untuk mencetak gol penyama kedudukan di menit ke 72 lewat Luis Suarez. Kepahlawan Messi selanjutnya menuntaskan laga alot tersebut lewat sepakan tendangan bebas melengkung yang menjebol gawang Alavez dimenit ke 84. Barca unggul dan menang 2-1.

Sengitnya perlawanan yang diberikan Alaves diakui sendiri oleh manager Barcelona “Kami akan mengingat laga ini. Alaves bermain bagus dan bisa menembus kotak penalti, mereka mengambil keuntungan dari situasi serangan balik. Mereka bekerja lebih ketat di lini belakang dan kami harus bekerja lebih keras untuk bangkit” ujar Ernesto Valverde seusai laga seperti dilansir dari Sport (29/1/2018).
Messi dikawal ketat pemain Alaves - Photo by fcnaija.com
Apa yang dikatakan Valverde benar adanya. Meski kalah dalam possession, Alaves dicatat Who Scored mampu membuat Messi dkk kehilangan penguasaan bola lebih banyak daripada mereka. Barcelona dalam laga ini tercatat 28 kali kehilangan penguasaan bola sebaliknya Alaves hanya 21 kali. Momen-momen kehilangan penguasaan bola inilah yang dipandang Valverde mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Alaves untuk menyakiti Barca lewat serangan balik.

Alaves kini bertengger di posisi 16 klasemen dan hanya berjarak 2 poin dengan zona degradasi. Tim-tim seperti ini tampaknya selalu memiliki motivasi ekstra untuk melakoni tiap laga. Bukan saja karena mereka sedang berhadapan dengan Barcelona tetapi juga adanya dorongan untuk bertahan agar jangan sampai terseret ke zona degradasi.

Barcelona sudah merasakan bagaimana sulitnya menundukkan tim seperti ini. Pada hari terbaiknya, tim yang sedang terancam degradasi bisa menjadi lawan yang jauh lebih menyulitkan daripada Real Madrid. Alaves sudah menunjukkannya saat datang dan bertarung dengan gagah berani di Camp Nou markas Barcelona.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.